Home Nasional Empat Info Abal-abal CPNS 2018

Empat Info Abal-abal CPNS 2018

Pengumuman CPNS Pastikan di Menpan.go.id dan Sscn.bkn.go.id

7
0
SHARE

Hingga saat ini pendaftaran penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil 2018 (CPNS 2018) masih belum dibuka.

Memang sempat dikabarkan akan dibuka pada akhir Juli 2018, namun memasuki Agustus pun masih belum ada kabar terkait pembukaan pendaftaran CPNS 2018.

Pendaftaran CPNS 2018 kali ini pun tak luput dari berbagai macam informasi hoax yang sudah beredar luas.

Sehingga Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) selalu mengingatkan pada masyarakat agar tidak mudah percaya dan selalu mengecek kebenaran informasi yang beredar.

Dilansir dari Kompas.com, berikut 4 informasi hoax terkait CPNS 2018 yang sempat beredar dan meresahkan masyarakat.

  1. Hoax formasi pengangkatan CPNS 2016-2019

Beberapa waktu lalu, sempat beredar informasi mengenai formas tenaga honorer, pegawai tidak tetap, pegawai tetap non-PNS, dan tenaga kontrak pengangkatan CPNS 2016-2019.

Menindaklanjuti informasi hoax ini, akun Instagram resmi Kementerian Hukum dan HAM RI menyebutkan bahwa info tersebut sepenuhnya tidak benar alias hoax.

Informasi ini sekaligus dikonfirmasi ketidakbenarannya oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) yang menyatakan kalau belum ada informasi resmi pembukaan dan pendaftaran CPNS 2018.

Belum Ada Penetapan Formasi CPNS JAKARTA – Saat ini tengah banyak beredar kabar mengenai pendaftaran CPNS tahun 2018, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menegaskan bahwa kabar tersebut tidak benar atau hoax. "Belum ada informasi resmi mengenai pembukaan dan pendaftaraan CPNS tahun 2018. Kabar yang beredar di masyarakat kami pastikan hoax," tegas Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian PANRB Herman Suryatman di Jakarta, Minggu (24/06). Lanjutnya dikatakan bahwa, pada tahun 2018 ini memang ada rencana penerimaan CPNS, terutama untuk formasi guru, tenaga kesehatan, serta formasi spesifik lainnya yang membidik Nawacita dan sesuai dengan core business instansi. "Semua masih dalam proses. Sampai saat ini usulan formasi yang disampaikan oleh instansi melalui e-formasi masih dalam tahap validasi," jelasnya. Informasi yang beredar di berbagai media sosial itu seolah-olah pemerintah akan membuka pendaftaran CPNS pada Juli 2018. Disana disebutkan kriteria yang diperlukan, susunan formasi, dokumen yang dibutuhkan, alur pendaftaran, dan kuota penerimaan CPNS. Untuk itu mohon kepada masyarakat agar waspada dan berhati-hati dengan berbagai informasi simpang siur yang beredar namun tidak jelas sumbernya. "Semua informasi resmi terkait kebijakan pendayagunaan aparatur negara, termasuk rencana penerimaan CPNS tahun 2018, akan kami sampaikan melalui website menpan.go.id," ujarnya. (HUMAS MENPANRB)

A post shared by Kemenkumham_RI (@kemenkumhamri) on

  1. Hoax Seminar Pengadaan CPNS 2018

Poster Seminar Nasional Pengadaan CPNS 2018 yang mengatasnamakan Kemenpan RB pernah beredar di masyarakat pada akhir Juni 2018 lalu.

Informasi itu lantas diklarifikasi ketidakbenarannya oleh akun Twitter resmi @kempanrb.

“Halo Sahabat Muda !

Hati-hati yah terhadap hoax Pengadaan CPNS Tahun 2018

Untuk sahabat muda ketahui, Kementerian PANRB tidak pernah bekerja sama dengan pihak manapun utk menyelenggarakan seminar nasional mengenai pengadaan CPNS tahun 2018 sebagaimana klaim dalam acara di atas,” tulisnya.

  1. Hoax Informasi dan Susunan CPNS 2018

Informasi yang tersebar ini berisi tentang petunjuk teknis persyaratan pemberkasan usulan CPNS di daerah dari tenaga honorer se-kabupaten di Indonesia pada 2018 hingga 2019.

Pada buku tersebut terdapat logo Badan Kepegawaian Nasional (BKN) di bagian kanan cover.

Infromasi ini langsung ditepis oleh Kepala Biro Humas BKN, Mohammad Ridwan.

“Iya juknis (petunjuk teknis) pemberkasan itu hoax,” tegas Ridwan.

  1. Hoax Surat Kemenpan RB tentang Pembekalan CPNS

Sempat beredar surat bertanda tangan Sekretaris Kemenpan RB mengenai daftar peserta pembekalan CPNS.

Surat edaran ini dipastikan hoax dan tidak benar.

Kemenpan RB menyatakan tidak pernah mengeluarkan surat tersebut.

“Kami dapat informasi ini dari masyarakat, ini hoax,” kata Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Kemenpan RB Mudzakir.

Surat tersebut ditujukan kepada kepala daerah tingkat provinsi, kepala daerah tingkat kabupaten atau kota, pejabat pembina kepegawaian pusat, dan pejabat pembina kepegawaian daerah.

Para pejabat terkait diminta untuk mengumumkan nama calon PNS dan memberikan pembekalan.

Surat palsu Sekretaris KemenPAN RB kepada para Kepala Daerah Tingkat Provinsi/Kabupaten/Kota serta Pejabat Pembina Kepegawaian Pusat dan Daerah.

Surat tersebut menyebut adanya nama-nama calon PNS dan formasinya, serta meminta para pejabat daerah untuk mengumumkan dan memberi pembekalan.

Sekali lagi ditegaskan, pendaftaran CPNS 2018 belum dibuka.

Segala informasi resmi terkait CPNS 2018 resmi hanya dapat dilihat melalui website menpan.go.id dan juga bkn.go.id.

Pastikan untuk menghindari segala bentuk hoax dan informasi yang menyangkutpautkan lowongan CPNS 2018. (Kompas.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here